Saturday, October 6, 2012

RPL Part 1

Hari Jumat , tanggal 5 Oktober saya mempelajari mata kuliah rekayasa perangkat lunak yang diajarkan oleh Bpk. Sofyan. Seperti biasa, setelah materi pertama selesai, saya akan membuat refleksi mengenai materi pertama :D

Materi pertama ini mengenai software, menurut saya software merupakan perangkat lunak. Hanya perangkat lunak yang terpikirkan oleh saya karena susah mendeskripsikan software itu apa. Muncul pendapat lain dari teman-teman seperti software itu program dan aplikasi. Akhirnya, Pak Sofyan memberikan arti software pada kami. Software adalah kumpulan item/ objek yang membentuk konfigurasi yang terdiri dari : Program, Data dan Dokumen.


Tidak hanya arti software yang saya pelajari, terdapat juga karakteristik software seperti, software itu dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama tetapi software tetap mempunyai masa dimana software tersebut tidak dapat dipakai lagi. Software itu tidak diproduksi massal dan untuk membuat software harus melakukan engineering / pengukuran. 


Setelah mengetahui apa itu karakteristiknya, ternyata software itu bermacam - macam. Macam - macam software yaitu: sistem software, real time software, business software, engineering scientific software, embedded software, PC software, AI software, dan Web Application.


Sebelum memasuki pokok pembahasan selanjutnya, Pak Sofyan memberikan kami suatu permainan. Pak Sofyan, membagikan kertas yang berisi material yang akan kita gunakan sebagai bahan utama untuk membuat sesuatu. Saya menulis dikertas apa yang saya ingin buat dengan 2 material tersebut dan menulis tujuan pembuatannya. Kemudian, kami disuruh mencari pasangan untuk saling menebak material apa yang mereka miliki dan apa yang mereka buat. Tetapi, kita cuma dapat diberikan dan memberikan jawaban Ya / Tidak. Pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan masing-masing harus ditulis sebagai dokumentasi. setelah waktu habis, ada yang bisa menjawab semuanya dan adapun yang tidak terjawab semuanya. Di akhir permainan, Pak Sofyan memberikan penjelasan mengenai, orang yang membuat program dan orang yang menginginkan program dan bagaimana cara mendeskripsikannya. Ternyata dari permainan tadi kita melakukan hal tersebut yaitu bagaimana kita mengkomunikasikan rancangan kita (orang yang membuat program), dan bagaiman orang lain itu mengkomunikasikan keinginannya(orang yang menginikan program).

Setelah itu, Pak Sofyan menampilkan Waterfall Model.  Kurang lebih seperti ini : 

Materi selanjutnya yang ingin saya ketahui mengenai software Process dan Waterfall Model ini lebih lanjut :D





No comments:

Post a Comment