Tuesday, October 9, 2012

ASI part 2


Hari Senin, 8 Oktober saya bertemu lagi dengan matakuliah Analisis Proses Bisnis. Seperti biasa, saya akan menulis blog lagi setelah materi yang dijelaskan telah selesai :D inilah refleksi saya :D

Materi baru yang di bawakan oleh Pak Sofyan adalah sistem informasi ( Information System). Tetapi materi ini dibawakan Pak Sofyan dengan cara melakukan permainan, yaitu permainan Bingo. Seperti permainan Bingo pada umumnya, kami dibagikan kertas kotak-kotak yang berisi istilah - istilah dalam Sistem informasi, ada 4 kotak tanda tanya (?), ada beberapa kotak kosong dan juga 1 kotak yang bertuliskan BINGO. 

Nah, cara permainannya yaitu setiap istilah mengenai sistem informasi akan dijelaskan okel Pak Sofyan, kemudian menuliskan arti setiap istilah-istilah tersebut di kertas Bingo, setelah itu kita berhak melingkari materi yang telah kita mengerti. Setelah 4 istilah yang kita lingkari membentuk horizontal, vertikal maupun  diagonal, maka kita bisa menarik garis dan menyebutnya BINGO. Kita tidak boleh menarik garis apabila diantara istilah-istilah tersebut terdapat kotak kosong walaupun terdapat 4 istilah yang telah kita lingkari. 1 Kotak BINGO yang ada itu sebagai bonus untuk menghasilkan lebih banyak bingo. Kotak yang berisi tanda tanya itu dapat kita lingkari apabila kita bisa menjawab pertanyaan dari Pak Sofyan atau dapat bertanya mengenai materi yang telah dijelaskan. 

Sekarang saya akan menjelaskan materi mengenai Sistem Informasi ini beserta apa - apa saja yang menjadi bagian Sistem Informasi :D 
Sistem Informasi adalah kesatuan unit - unit yang bekerja sama untuk mengolah data dan menghasilkan informasi.

Dalam Sistem Informasi terdapat istilah - istilah seperti :
  • Data : Kumpulan-kumpulan fakta yang bisa berupa nilai, kuantitas , konsep, dll.
  • Informasi : Data yang telah diproses dan disimpulkan sehingga menghasilkan fakta yang mempunyai nilai tambah
  • Knowledge: Memahami informasi yang didapatkan dari pengalaman / studi dan menghasilkan kemampuan utnuk melakukan kegiatan yang efektif dan efisien.
Setelah itu, Pak menampilkan slide mengenai Model Sistem Informasi. Berisi gambar mengenai Data Resources, Hardware Resources, Software Resources, People Resources, dan Network Resources yang saling berhubungan serta terdapat Input, Processing, Output, System Control dan Storage yang bekerja didalamnya.
  • Data Resources : Bagaimana data dihimpun, disimpan, dientry sehingga mengetahui apa yang dihasilkan dan bagaimana menjadi data yang baru.
  • Hardware Resources : Teknik pemasukan data yang didukung oleh hardware.
  • Software Resources : Subsistem perangkat lunak yang memungkinkan sebuah komputer dapat bekerja.
  • People Resources : Terkait kemampuan pengguna untuk mengoperasikan software dan hardware yang harus di sesuaikan dengan data yang mau diolah.
  • Network Resources : Sebagai media komunikasi, dukungan jaringan, dan jaringan komputer antar data, hardware, software, dan people untuk mendistribusikan informasi.
Istilah - istilah yang bekerja di dalamnya yaitu :
  • Input : Dilakukan oleh orang (people) pada hardware menggunakan software melalui network.
  • Processing : Pemgolahan pada hardware, menggunakan software, dioperasikan oleh people, lintas jaringan dan yang diperoleh adalah data
  • Output : Informasi dihasilkan oleh software pada hardware yang menggunakan jaringan yang didistibusikan oleh people dan kembali menjadi data.
  • System Control : Memantau apakah hardware, software, network dan people bekerja dengan benar dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
  • Storage : Tempat penyimpanan data.
Selanjutnya dijelaskan mengenai manajemen level yang terbagi menjadi 3 yaitu : Level Operasional, Level Taktis dan Level Strategis.
  • Level Operasional :Bagian ini seperti Data yang menerima data dan mengolah data yang berurusan dengan pelaksana teknis, transaksi. level ini berada diujung tombak.
  • Level Taktis : Bagian ini seperti Informasi yaitu mendapatkan informasi yang diolah seperti kebijakan - kebijakan dalam mendukung tujuan jangka pendek dan alokasi resource.
  • level Strategis : bagian ini seperti Knowledge, informasi yang didapatkan akan digunakan untuk menyusun strategi-strategi yang mendukung tujuan jangka panjang organisasi.
Ya, ini semua yang bisa saya refleksikan mengenai materi kedua ini :D Sejujurnya, saya masih kurang mengerti mengenai manajemen level :( sehingga saya tidak sempat menuliskan dikertas Bingo saya, dan hanya mendapatkan 3 BINGO :( saya juga tidak sempat bertanya :O
Nah, Sekian refleksi saya.

Thank You XD 

No comments:

Post a Comment