Sunday, December 2, 2012

Model Data Part 2

Hello ^__^

Sebelumnya, saya sudah membahas mengenai model data pada pelajaran analisis sistem informasi. Nah, sekarang saya akan membahas lebih lanjut mengenai model data pada pelajaran rekayasa perangkat lunak.
Pada kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai salah satu model data yang saya bicarakan pada materi sebelumnya yaitu ERD (Entity Relationship Diagram).

Pada pertemuan kali ini kami diberikan kasus yang berbeda-beda dan disuruh untuk membuat ERDnya. tetapi sebelum memasuki tahap pembuatan ERD kita harus melihat gambar ini terlebih dahulu:

Penjelasan mengenai gambar diatas yaitu:
  • View : hasil / output yang dihasilkan dari logical level (ERD) yang kita buat.
  • Logical Level : berhubungan dengan pembuatan ERD yang menyangkut pemikiran logikal pada sistem yang kita buat. (gambar entitas, relasi,atribut)
  • Physical Level :berhubungan dengan bentuk fisik pada suatu sistem yang kita buat seperti harddisk

Kelompok saya mendapat kasus mengenai kehadiran karyawan. Nah, setelah selesai pembahasan mengenai kasus yang kami buat ternyata masih banyak terdapat kesalahan. Masih banyak view / output kami masukkan pada ERD karena kami kurang memperhatikan view-viewnya x_x misalnya kami memasukan atribut gaji pada entitas karyawan , padahal gaji merupakan view/output bukan bagian dari suatu ERD X_X

Dengan kesalahan-kesalahan yang kelompok kami buat saya mulai mengerti cara membuat ERD yang benar dan apa-apa saja yang harus diperhatikan pada saat pembuatan ERD. Yaah saya masih agak kurang mengerti sih apa yang harus menjadi view x_x

Nah sekian dari saya , minggu depan kami disuruh untuk membaca materi mengenai model fungsi X_X

Thank You
XD

No comments:

Post a Comment