Thursday, November 1, 2012

Proses Bisnis

Hari ini saya akan membahas tentan Proses Bisnis ^^

Sebelum membuka materi ini, minggu sebelumnya kami disuru untuk membaca materi mengenai proses bisnis. Kali ini hampir semua sudah membaca mengenai analisis proses bisnis karena sudah tidak mau mengulangi kesalahan yang sama >< 

Analisis Proses Bisnis yaitu kajian dan evaluasi yang dilakukan terhadap kegiatan kegiatan proses bisnis perusahaan untuk mengidentifikasi dampak dari kegiatan tersebut dalam menciptakan nilai atau menambah nilai terhadap bisnis perusahaan.

Setelah itu, pak Sofyan memberikan tugas kelompok dimana ada yang menjadi developer dan owner. Sebelumnya kita harus menentukan judul project dan sistemnya. Pertama kelompok saya memilih pabrik kasur yang menganalisis sistem distribusi. Tetapi, setelah itu kita menggantinya dengan pabrik minuman soda dengan sistem produksi karena yang pertama agak susah untuk dianalisis x_x
Tujuan dari tugas kelompok ini yaitu, kita sebagai owner harus bisa menjelaskan dengan baik apa yang kita mau, dan sebagai developer kita harus mengerti apa yang owner mau dan memberikan saran yang baik agar owner dan developer dapat saling berkomunikasi dengan baik.

Tugas kelompok ke-2 mengenai proses bisnis yaitu menganalisis sistem suatu rental mobil. Dimana di dalam proses bisnisnya terdapat pimpinan dan beberapa divisi-divisi. Nah divisi yang kelompok kami punya yaitu:
  • Customer Service
  • Accounting (Keuangan)
  • Controlling
  • Administrasi
Setelah itu, Pak Sofyan menyuruh kami untuk menghubungkan kegiatan-kegiatan setiap divisi dari awal sampai akhir di dalam sebuah gambar. Aktifitas dalam rental mobil kami yaitu, penyewaan mobil, transaksi pengembalian mobil, dan pembuatan laporan penyewaan dan pengembalian mobil. Pada minggu berikutnya, seperti biasa kami disuruh melakukan pameran dikelas ada yang menjadi penjaga standa dan yang lainnya mencari informasi ke kelompok lain. 
Tapi sayang saya tidak masuk hari itu :( jadi saya tidak mendapatkan tambahan informasi dari pameran tersebut :( 

ya, demikian yang saya tau mengenai proses bisnis. ^^

Thank You XD

No comments:

Post a Comment